Sebagai contoh : Saya membuat Sales Order dengan Customer atas nama One Time Customer, tetapi ketika cetak Invoice/Faktur, nama konsumen pada Faktur berbeda menjadi customer lain (contoh : Jaya Anugerah Motor). Hal ini terjadi karena data "Bill to Customer" pada Sales Order berbeda dengan pengisian Customer pada Sales Order.
Pengecekkan yang bisa dilakukan :
1. Dari AR Invoice yang dicetak, check Sales Order terkait, buka halaman Sales Order
2. Check kolom "Bill to Customer" pada Sales Order
3. Customer yang terisi pada kolom "Bill to Customer" itu akan menjadi Customer pada Halaman Invoice
Catatan :
- kolom Bill to Customer dapat diubah ketika SO masih status Open
- Customer yang terisi pada kolom Bill to Customer tidak dapat diubah ketika Invoice sudah dicetak atau Sales Order Sudah di Release.
- Jika ada kesalahan pengisian pada kolom Bill to Customer dan Invoice sudah terbentuk, maka perbaikan data dapat dilakukan dengan langkah langkah berikut :
1. Jika dari Invoice yang terbentuk sudah ada pembayaran, maka lalukan pembatalan pembayaran dengan membuat AR Receipt Cancellation sampai status Release. Jika belum ada pembayaran, abaikan langkah 1 dan lanjut ke langkah 2.
2. Buat DO return atas DO yang sudah Invoice agar terbentuk bukti return sampai status Invoice. Atau Cancel DO yang sudah Invoice agar terbentuk otomatis Credit Memo.
3. Setelah semua part sudah di return, maka SO akan kembali menjadi Release.
4. Cancel SO yang sudah kembali Release.
5. Buat kembali Sales Order dengan Customer dan Bill to Customer dengan data yang sesuai.
Apakah masalah Anda sudah teratasi?
Berikan penilaian di bawah ini untuk membantu kami meningkatkan FAQ kami di masa mendatang.
Jika masalah masih berlanjut atau Anda memerlukan bantuan tambahan, silakan hubungi BSI Support.
Whatsapp : https://wa.me/+628121034312
Pengecekkan yang bisa dilakukan :
1. Dari AR Invoice yang dicetak, check Sales Order terkait, buka halaman Sales Order
2. Check kolom "Bill to Customer" pada Sales Order
3. Customer yang terisi pada kolom "Bill to Customer" itu akan menjadi Customer pada Halaman Invoice
Catatan :
- kolom Bill to Customer dapat diubah ketika SO masih status Open
- Customer yang terisi pada kolom Bill to Customer tidak dapat diubah ketika Invoice sudah dicetak atau Sales Order Sudah di Release.
- Jika ada kesalahan pengisian pada kolom Bill to Customer dan Invoice sudah terbentuk, maka perbaikan data dapat dilakukan dengan langkah langkah berikut :
1. Jika dari Invoice yang terbentuk sudah ada pembayaran, maka lalukan pembatalan pembayaran dengan membuat AR Receipt Cancellation sampai status Release. Jika belum ada pembayaran, abaikan langkah 1 dan lanjut ke langkah 2.
2. Buat DO return atas DO yang sudah Invoice agar terbentuk bukti return sampai status Invoice. Atau Cancel DO yang sudah Invoice agar terbentuk otomatis Credit Memo.
3. Setelah semua part sudah di return, maka SO akan kembali menjadi Release.
4. Cancel SO yang sudah kembali Release.
5. Buat kembali Sales Order dengan Customer dan Bill to Customer dengan data yang sesuai.
Apakah masalah Anda sudah teratasi?
Berikan penilaian di bawah ini untuk membantu kami meningkatkan FAQ kami di masa mendatang.
Jika masalah masih berlanjut atau Anda memerlukan bantuan tambahan, silakan hubungi BSI Support.
Whatsapp : https://wa.me/+628121034312
Was this article helpful?
That’s Great!
Thank you for your feedback
Sorry! We couldn't be helpful
Thank you for your feedback
Feedback sent
We appreciate your effort and will try to fix the article